Header Ads

Buah Sirsak untuk Kesehatan

Buah Sirsak Bagi Kesehatan - Nama latin dari Buah sirsak adalah Anona Muricata Linn yang mana buah ini masih tergolong keluarga dekat buah srikaya. Buah sirsak biasanya memiliki rasa asam manis. Selain dikonsumsi langsung, buah sirsak juga bisa dikonsumsi dengan cara di jus yang khasiat dan manfaatnya juga cukup melimpah. Buah ini sangat tepat dan nikmat bila dikonsumsi di siang hari, karena rasanya dapat memberikan kesegaran tersendiri.

Bukan hanya sekedar menyegarkan tenggorokan, tapi manfaat buah sirsak memang begitu terkenal akan khasiatnya terhadap kesehatan. Ada begitu banyak nutrisi yang tersimpan pada buah sirsak, diantaranya adalah air, besi, fosfor, kalium, kalori, kalsium, karbohidrat, lemak, lysine, metionin, protein, niacin, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan masih banyak lagi khasiat dan manfaat lainnya.


manfaat dari buah sirsak


Buah sirsak telah banyak diteliti oleh para ahli. Hasil dari penelitian tersebut rupanya cukup mengagetkan, karena begitu banyaknya khasiat dan manfaat  yang dihasilkan dari buah sirsak.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari buah sirsak untuk kesehatan.


1. Menurunkan kadar kolesterol jahat


Seperti yang Anda ketahui, tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan sangat membahayakan bagi kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang akan ditimbulkan diantaranya adalah penyakit jantung dan stroke. Cara untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, bisa dengan meminum segelas jus sirsak yang dikonsumsi secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan buah sirsak memiliki cukup banyak kandungan serat yang akan menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Menjaga sistem daya tahan tubuh


Tahukah Anda bahwa dalam 300g buar sirsak, setidaknya terdapat 60mg vitamin C yang siap mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda. Tidak jauh berbeda dengan buah-buahan lain yang mengandung banyak Vitamin C. Kemudian vitamin C pada buah sirsak juga memiliki peran yang sangat penting dalam menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan menjaga daya tahan tubuh.

3. Mencegah kanker


Kehebatan manfaat buah sirsak memang begitu luar biasa. Kenapa demikian? Karena buah yang satu ini juga mampu untuk dapat mencegah penyakit kanker. Buah sirsak memiliki senyawa fitokomia yang bernama Annonaceous Acetogenins. Senyawa alami yang begitu efektif dalam hal menangkal virus yang bisa menyebabkan munculnya salah satu penyakit berbahaya, yakni kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah oleh manfaat dari buah sirsak diantaranya adalah kanker usus besar, kanker prostat, dan beberapa jenis kanker lainnya.

4. Mengatasi sakit kepala sebelah (Migrain)


Saat ini memang ada banyak obat-obatan berbahan kimia yang bisa membantu untuk mengobati sakit kepala sebelah atau yang biasa dikenal dengan migrain. Namun perlu diketahui, buah sirsak juga bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah yang satu ini. Buah ini dapat mengobati migrain karena kandungan vitamin B2 yang dimilikinya cukup tinggi.

5. Menjaga kesehatan tulang


Buah sirsak tidak cuma memiliki vitamin C, namun juga mengandung kalsium dan fosfor yang mana kedua nutrisi ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Di setiap 100g sirsak, terdapat 14mg kalsium dan 27mg fosfor. Selain itu, buah sirsak juga memiliki zat tembaga yang akan membantu mengoptimalkan proses penyerapan kalsium pada tulang.

6. Mencegah dan mengatasi Anemia


Anemia atau kurang darah memang bisa membuat sipenderita sangat mudah kelelahan. Mengkonsumsi buah sirsak setiap hari bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut. Ini memang disarankan, karena kandungan nutrisi pada buah sirsak mampu mengembalikan dan meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

7. Menjaga kelembaban kulit


Kandungan vitamin C yang tinggi tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Namun juga dapat bermanfaat untuk membantu melembabkan kulit.Dikonsumsi langsung atau dengan cara di jus terlebih dahulu, keduanya sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Setelah mengetahui manfaat buah sirsak yang begitu luar biasa, tentunya akan sangat disayangkan jika Anda tidak segera memanfaatkan untuk mengonsumsinya. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.


Referensi dari ebrbagai sumber.

Atasi Kaki Belang dengan Bahan Alami

Belang pada kaki maupun Warna kaki yang gelap adalah salah satu masalah umum yang banyak orang pernah alami. Beberapa penyebab wa...

Diberdayakan oleh Blogger.