Header Ads

Penyebab Mulut Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mulut Kering dan Cara Mengatasinya - Bagi sebagian orang, mulut yang terlihat kering memang dianggap bukan merupakan suatu masalah kesehatan yang besar atau masalah kesehatan yang serius. Akan tetapi, apabila dibiarkan begitu saja malah akan menjadi suatu masalah kesehatan yang serius. Yaitu dapat mengganggu kesehatan mulut.

Berbicara tentang mulut kering, sebenarnya banyak faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut. Namun faktor yang paling umum adalah karena kurangnya cairan di dalam tubuh, sehingga tubuh dehidrasi kemudian menyebabkan mulut menjadi kering. Itulah sebabnya mengapa kita perlu mengkonsumsi air putih lebih banyak setiap hari. Hal ini untuk menghidrasi tubuh dan menghindari dari terjadinya kering pada mulut.

Selain karena dehidrasi, mulut kering juga bisa disebabkan karena gangguan kesehatan lainnya. Namun yang perlu di ingat, mulut kering ataupun gangguan kesehatan tertentu biasanya disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi mulut atau bibir yang kering.


Penyebab Mulut Kering dan Cara Mengatasinya


Penyebab mulut kering


1. Dehidrasi


Asupan cairan dalam tubuh kita sangatlah penting untuk diperhatikan. Jika tubuh dibiarkan begitu saja tanpa memperhatikan seberapa cukup tubuh menerima cairan yang masuk, maka tubuh akan dengan mudah terserang gangguan kesehatan dan penyakit parah sekalipun. Kondisi dimana tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan dari yang ringan sampai yang lebih parah. Hal tersebut dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti demam, keringat berlebihan, muntah, diare, kehilangan darah dan luka bakar juga dapat menyebabkan mulut / bibir kering.

2. Gaya hidup


Gaya hidup yang kurang sehat juga merupakan salah satu penyebab mengapa mulut menjadi kering. Kebiasaan merokok, mengunyah tembakau, menggigit bibir dan masih banyak lagi yang lainnya, hal tersebut dapat menyebabkan bibir menjadi kering, pecah-pecah, dan rusak. Kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau dapat mempengaruhi produksi air liur bahkan memperburuk kondisi mulut kering. Selain itu, kebiasaan bernafas dengan mulut terbuka juga dapat menyebabkan terjadinya mulut kering.

3. Efek samping obat


Apakah anda sering minum berbagai macam atau jenis obat? Jika benar, mungkin itu salah satu penyebab mengapa mulut anda menjadi kering. Mulut kering adalah efek samping yang paling umum dari kebanyakan obat-obatan, seperti obat yang dipakai untuk mengobati atau meredakan nyeri, depresi, kecemasan, alergi dan pilek (antihistamin dan dekongestan), obesitas, jerawat, dan masih banyak lagi.

4. Efek samping penyakit atau infeksi tertentu


Mulut kering juga bisa disebabkan oleh efek samping dari penyakit tertentu atau infeksi tertentu yang ada di bagian mulut Anda. Hal tersebut bisa juga disebabkan karena penyakit seperti sindrom Sjorgen, HIV/AIDS, penyakit Alzheimer, diabetes, anemia, cystic fibrosis, radang sendi (reumatik), hipertensi, penyakit Parkinson, stroke, dan gondok.

5. Efek samping pengobatan medis tertentu


Jika Anda sedang menjalani pengobatan medis tertentu, mungkin itu salah satu penyebab mengapa mulut Anda kering. Hal ini bisa jadi karena adanya kerusakan pada kelenjar ludah, yaitu kelenjar yang menghasilkan air liur, yang terjadi karena radiasi pada kepala dan leher, juga kemoterapi untuk pengobatan kanker, dapat mengurangi jumlah air liur yang diproduksi tubuh. Oleh sebab itu, ketika anda melakukan pengobatan medis, sebaiknya periksakan juga kesehatan mulut Anda.

6. Kerusakan saraf


Gangguan saraf atau bahkan kersuakan pada saraf juga bisa menjadi penyebab mulut kering. Kerusakan saraf yang menyebabkan mulut kering yaitu saraf bagian kepala dan leher, karena cedera atau pembedahan. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam menjalankan segala aktivitas Anda agar tidak mengalami cedera atau kecelakaan yang bisa menyebabkan kerusakan pada saraf.

Cara mengatasi mulut kering


1. Penuhi cairan tubuh


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kekurangan cairan atau dehidrasi adalah salah satu dari penyebab mulut menjadi kering. Oleh sebab itu anda perlu memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh dengan sebaik mungkin. Jangan biarkan tubuh anda dehidrasi, minumlah air putih setiap harinya antara 8-9 gelas. Anda juga perlu mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak air, baik itu secara langsung maupun dijadikan jus.

2. Minyak kelapa


Minyak kelapa juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kondisi mulut yang kering. Cara atau metode kuno dari India ini akan membantu Anda menjaga mulut tetap basah. Selain itu, metode ini juga dapat membantu menghilangkan bau mulut serta menjaga kesehatan mulut itu sendiri. Jika Anda tidak punya minyak kelapa, anda juga bisa menggunakan minyak lainnya seperti minyak wijen, minyak zaitun atau minyak nabati lainnya.

3. Cabe rawit


Cabe rawit dapat membantu merangsang produksi air liur mulut Anda. Cabe rawit juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk mulut kering yang sedang Anda alami. Bukan hanya itu, dengan mengkonsumsi cabe rawit juga dapat membantu meningkatkan selera makan dan membuat lidah dapat membedakan rasa jauh lebih baik. Anda cukup mengoleskan bagian dalam dari cabe rawit pada lidah bagian atas. Memang rasanya pedas, namun secara bersamaan kelenjar ludah akan terangsang dan mengeluarkan banyak air liur. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bubuk cabe rawit pada setiap makanan yang Anda konsumsi, tentu dengan sewajarnya saja tidak berlebihan.

4. Lemon


Jus lemon, selain menyegarkan juga dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi mulut yang kering. Mengapa jus lemon? karena lemon juga mampu merangsang produksi air liur sekaligus mengurangi gejala mulut kering. Sifat asam yang terdapat pada lemon juga dapat membantu membersihkan mulut Anda, termasuk dari serangan bau yang dihasilkan oleh bakteri. Anda bisa mengkonsumsi lemon dengan cara di jus, dijadikan wedang, atau dengan cara lainnya sesuai dengan kesukaan Anda.


Demikianlah informasi tentang Penyebab Mulut Kering dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.


Atasi Kaki Belang dengan Bahan Alami

Belang pada kaki maupun Warna kaki yang gelap adalah salah satu masalah umum yang banyak orang pernah alami. Beberapa penyebab wa...

Diberdayakan oleh Blogger.