Header Ads

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berpuasa

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berpuasa - Seperti yang diketahui bersama, di bulan yang suci ini semua umat muslim akan menjalani suatu kewajiban yaitu berpuasa. Bagi umat muslim, bulan ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Hal tersebut dikarenakan, pada bulan ramadhan setiap amal ibadah yang dikerjakan akan dilipat gandakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Selain itu, bulan ramadhan juga adalah bulan yang penuh rahmat, penuh ampunan, dan penuh berkah.

Perlu kita ketahui, bahwa ketika berpuasa sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat daripada biasanya. Hal ini dikarenakan pada saat berpuasa, semua sistem tubuh akan beristirahat terutama dalam hal mencerna maupun mengolah makanan. Meskipun demikian, kita juga dianjurkan untuk selalu menjaga tubuh agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa.


Makanan, Junk Food


Selama berpuasa, sebaiknya Anda harus lebih memilah dan memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Karena perlu Anda ketahui, bahwa beberapa makanan tertentu bisa mengganggu kesehatan Anda selama berpuasa di bulan ramadhan ini. Apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari ketika berpuasa? Berikut adalah beberapa daftar makanan yang harus dihindari selama Anda berpuasa.

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berpuasa


1. Makanan asin


Misalnya jika menu sahur Anda dengan memasak telur dadar, maka gunakan garam secukupnya saja jangan sampai berlebihan. Karena hal tersebut (makanan asin) dapat membuat Anda sangat mudah merasakan haus. Selain itu, makanan yang banyak menggunakan rempah-rempah juga memiliki efek yang sama dengan makanan asin.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya Anda mengganti menu makanan-makanan yang banyak mengandung garam dengan yang lebih natural atauvoriginal. Jika memang Anda tidak terbiasa dengan makanan yang tidak terasa asin, maka cobalah tambahkan hanya sedikit garam saja.

2. Makanan cepat saji


Mengkonsumsi makanan cepat saji apalagi secara berlebihan sangatlah tidak dianjurkan, apalagi di bulan ramadhan seperti ini. Hal ini karena makanan cepat saji biasanya dimasak dengan cara digoreng. Seperti yang Anda ketahui, makanan yang digoreng sudah tentu akan banyak mengandung lemak. Bila dikonsumsi secara berlebih, maka hal itu akan mengakibatkan kegemukan. Sebaiknya, cobalah untuk mengganti makanan cepat saji dengan makanan yang jauh lebih sehat seperti buah dan sayuran.

3. Cokelat


Makanan yang satu ini memang sangat lezat sehingga tak heran jika dari mulai anak-anak sampai orang dewasa sekalipun menyukai makanan yang satu ini. Selain enak, cokelat juga dikenal sebagai makanan yang mampu mengurangi emosi pada diri seseorang. Meskipun begitu, tetap saja makanan ini juga harus dihindari selama bulan puasa karena cokelat mengandung serat yang cukup sulit untuk dicerna. Disamping itu, mengkonsumsi cokelat juga dapa membuat perut Anda terasa kembung.

4. Keju


Keju merupakan makanan olahan susu yang sering disajikan bersama roti ketika sarapan maupun makanan-makanan lainnya. Meskipun ini adalah makanan yang baik untuk sarapan, namun hal tersebut menjadi tidak tepat jika dikonsumsi saat sahur. Hal tersebut dikarenakan keju hampir sama dengan cokelat, yakni mengandung serat yang cukup sulit untuk dicerna.

5. Terlalu banyak mengandung karbohidrat


Jika menu sahur Anda nasi, maka ikuti dengan lauk pauk yang kaya akan kandungan proteinnya seperti telur, daging, ikan dan kacang-kacangan. Atau bisa juga dengan memilih nasi dari beras merah yang justru memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

6. Kafein


Kopi dan teh merupakan dua jenis minuman yang mengandung kafein sehingga hal itu akan mampu membuat tubuh lebih cepat dehidrasi. Bila dikonsumsi pada saat bulan puasa, hal itu sudah jelas kurang baik. Supaya lebih sehat, sebaiknya gantilah kedua minuman tersebut dengan jus buah atau soup buah.

7. Mengandung banyak gula


Anda mungkin sering mendengar dengan sebuah kalimat “berbukalah dengan yang manis”. Kalimat tersebut memang benar, namun kebanyakan orang malah justru salah dalam mengartikannya. Berbuka dengan yang manis lebih dianjurkan untuk makanan seperti kurma, madu asli atau buah-buahan yang segar dan manis lainnya.

Sekian artikel kali ini, semoga dapat menambah pengetahuan bagi yang belum mengetahuinya dan selamat berpuasa bagi Anda yang menjalankannya. Semoga bermanfaat.



Atasi Kaki Belang dengan Bahan Alami

Belang pada kaki maupun Warna kaki yang gelap adalah salah satu masalah umum yang banyak orang pernah alami. Beberapa penyebab wa...

Diberdayakan oleh Blogger.