Header Ads

Beberapa Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Jerawat - Kebanyakan orang sudah tentu merasa terganggu dengan kehadiran jerawat. Akan tetapi tidak semua orang tahu penyebab munculnya jerawat tersebut. Mereka kurang memperhatikan apa saja hal-hal yang dapat memicu munculnya jerawat. Penyebab munculnya jerawat memang cukup banyak, salah satu diantaranya adalah dari makanan. Setiap makanan yang masuk kedalam perut kita itu akan memberikan efek positif juga negatif baik bagi kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan kulit dan wajah.

Bila makanan yang dikonsumsi itu sehat dalam artian kaya akan nutrisi, maka tubuh kita pun akan mendapatkan manfaatnya. Namun bila sebaliknya, jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang kurang bahkan tidak sehat, tentu akan memberikan efek negatif terhadap kesehatan tubuh kita. Salah satu dampak yang akan ditimbulkan adalah dengan munculnya jerawat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang juga memicu munculnya jerawat.


Makanan Yang Dapat Menyebabkan Jerawat





1. Gorengan


Jerawat akan mudah muncul ketika anda banyak mengkonsumsi makanan berminyak yang tidak sehat. Karena tubuh akan menggunakan minyak tersebut untuk memunculkan sel kulit baru. Namun, jerawat timbul karena sel-sel kulit tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Beberapa makanan penyebab jerawat yang digoreng antara lain, kentang goreng, ayam goreng, makanan cepat saji, donat, tahu goreng dan masih banyak lagi makanan berminyak lainnya.

2. Makanan manis


Makanan yang memiliki kadar gula tinggi dapat mengurangi tingkat kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri yang juga merupakan salah satu penyebab jerawat. Makanan bergula juga dapat menyebabkan hilangnya elastisitas jaringan dan juga fungsinya. Beberapa makanan bergula yang harus dihindari antara lain seperti permen, minuman bersoda, es krim, dll.

3. Karbohidrat sederhana yang tinggi


Mengkonsumi makanan berkarbohidrat tinggi dengan jumlah yang berlebih juga bisa menyebabkan anda mendapatkan jerawat di beberapa bagian wajah. Cara menghindarinya tiada lain dengan cara mengkonsumsi karbohidrat upayakan dengan takaran yang sedang saja. Contoh dari makanan tersebut diantaranya adalah beras putih, roti tawar juga pasta.

4. Caffein


Menikmati kopi mungkin sudah menjadi bagian dari kebiasaan bahkan rutinitas sehari-hari. Namun, sebisa mungkin kita harus dapat mengontrolnya, karena jika tidak, hal tersebut akan juga menyebabkan timbulnya jerawat. Caffein tidak hanya berada dalam kopi saja, namun juga dapat ditemukan di dalam cokelat, soda, minuman berenergi dan berbagai obat-obatan pereda nyeri. Zat caffein memiliki kecenderungan untuk memproduksi hormon penyebab stress dan tentunya juga memicu akan terjadinya jerawat.

5. Asam lemak omega 6


Konsumsi asam lemak omega 6 yang berlebihan juga bisa memicu kulit Anda mengalami kemerahan dan peradangan. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak adalah ham, daging babi dan bacon.

6. Kuning telur


Untuk yang satu ini mungkin tidak banyak orang tahu, bahwa kuning telur juga termasuk ke dalam salah satu makanan yang bisa memicu tumbuhnya jerawat. Hal ini bisa terjadi karena kuning telur mempunyai kandungan lemak dengan jumlah yang cukup banyak. Jika Anda mengkonsumsi kuning telur terlalu banyak, dikhawatirkan tubuh tidak akan sanggup lagi untuk menerima lemak. Sehingga, lemak yang tidak diserap dengan maksimal terpaksa akan keluar melalui pori-pori kulit dan membuat kulit menjadi berminyak. Ketika kulit berminyak, maka pada saat itulah jerawat akan mudah sekali untuk tumbuh.

7. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan memang paling cocok untuk dijadikan camilan. Namun, jangan terlalu berlebihan juga dalam mengkonsumsinya, terutama kacang tanah. Memang mengkonsumsi kacang tanah tidak dapat menimbulkan jerawat jika bagian wajah belum mengalami adanya jerawat. Tapi, jika kulit Anda sensitif dan sedang mengalami jerawat, sebaiknya hindari mengkonsumsi kacang-kacangan yang berlebihan. Hal ini karena kacang-kacangan bisa memperparah kondisi jerawat Anda.

Itulah informasi sekilas mengenai beberapa makanan yang bisa menimbulkan jerawat pada wajah Anda. Namun, Anda juga tidak perlu untuk berhenti mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah disebutkan diatas. Yang paling penting adalah kita harus bisa mengontrol makanan tersebut supaya tidak menimbulkan jerawat pada wajah kita.

Bila jerawat sudah muncul, sebaiknya dihilangkan saja dengan menggunakan cara-cara alami. Selain lebih aman, cara alami juga dapat diandalkan untuk menghilangkan jerawat. Semoga Bermanfaat.



Atasi Kaki Belang dengan Bahan Alami

Belang pada kaki maupun Warna kaki yang gelap adalah salah satu masalah umum yang banyak orang pernah alami. Beberapa penyebab wa...

Diberdayakan oleh Blogger.