Header Ads

Cegah Munculnya Jerawat dengan Cara Sederhana

Cara Mencegah Munculnya Jerawat - Hampir semua orang pernah merasakan timbulnya jerawat. Jerawat bisa muncul kapan saja dan pada siapa saja tanpa memperhatikan batasan usia maupun gendernya. Jerawat juga tidak hanya muncul di wajah saja, melainkan jerawat bisa muncul hampir diseluruh bagian tubuh kita. Namun yang paling sering kita khawatirkan adalah ketika jerawat muncul di bagian wajah, karena seperti yang kita ketahui bahwa wajahlah yang paling sering dan paling mudah untuk dilihat oleh orang lain.

Munculnya jerawat di wajah, pada umumnya dan juga kebanyakan orang merasa terganggu dengan hal tersebut. Misalnya, merasa kurang percaya diri ketika hendak pergi keluar rumah dan lain sebagainya.




Karena rasa kekhawatiran yang berlebihan inilah yang terkadang membuat seseorang mengambil jalan pintas agar jerawat tersebut hilang sesegera mungkin. Hampir kebanyakan orang tahu, cara yang paling cepat untuk menghilangkannya adalah dengan memijit jerawat tersebut. Cara ini memang sangat ampuh, namun hanya bersifat sementara saja. Karena, bekas luka dari jerawat tersebut nantinya akan sangat sulit untuk dihilangkan.

Sebelum jerawat itu muncul, maka kita harus berusaha untuk mencegah agar hal itu tidak terjadi. Memang tidak ada cara yang pasti untuk mencegah jerawat itu datang, namun setidaknya kita bisa berusaha untuk memperkecil risiko munculnya jerawat pada wajah. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk mencegah munculnya jerawat yang bisa Anda coba praktekan.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat


1. Menjaga kebersihan wajah

Biasanya jerawat akan mudah muncul pada wajah yang kurang bersih. Oleh karenanya membersihkan wajah dari kotoran sangatlah penting untuk dilakukan. Adanya polusi udara serta make-up yang sering digunakan tentu akan menyumbat pori-pori kulit wajah. Sehingga hal inilah yang menjadi suatu alasan mengapa jerawat bisa tumbuh.

Bersihkan wajah dengan cara mencucinya secara rutin 3-5 kali dalam sehari. Bila Anda ingin mencuci wajah dengan menggunakan sabun perawatan atau kecantikan, cobalah untuk konsultasikan dulu dengan pakar / ahliya. Karena seperti yang Anda ketahui bahwa produk sabun kecantikan itu belum tentu cocok dengan jenis kulit Anda.

2. Hindari makanan berminyak

Anda tentu mengetahui kalau makanan berminyak itu dapat memperburuk kondisi jerawat. Oleh sebab itu jangan menjadikan makanan berminyak (yang digoreng) sebagai salah satu makanan favorit Anda. Kalau hanya sesekali mungkin tidak masalah, namun ketika hal tersebut menjadi suatu kebiasaan maka akan mempermudah bagi jerawat untuk tumbuh di wajah Anda.

3. Gunakan sedikit make-up

Ketika jerawat muncul di bagian wajah, sebagian orang lebih memilih menutupinya dengan cara memakai make-up tebal. Padahal, cara seperti itu sebenarnya keliru dan sebaiknya tidak Anda lakukan. Hal tersebut karena penggunaan make-up dapat menyumbat pori-pori untuk jangka waktu yang lumayan panjang. Selain itu bahan kimia yang terkandung didalamnya pun akan membuat masalah menjadi kian memburuk. Bila Anda ingin tetap menggunakan make-up, sebaiknya gunakanlah sedikit saja, itupun jika memang kondisinya memaksa Anda harus menggunakannya.

4. Moisturize

Sebagian produk jerawat dapat menghilangkan minyak alami pada kulit, sehingga hal ini akan mengakibatkan kulit menjadi kering. Oleh karenanya, cobalah untuk mengoleskan sedikit moisturize dengan krim jerawat. Hal ini dilakukan supaya Anda tidak merasa gatal setelah mengoleskan krim tersebut. Perlu kita ketahui, bahwa kulit kering akan menimbulkan gatal-gatal dan bila kita menggaruknya, maka biasanya akan menimbulkan bekas luka.

5. Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Hal yang paling sering dan terkadang dilakukan tanpa disadari adalah menyentuh bagian wajah dengan menggunakan telapak tangan. Bila Anda termasuk orang yang sering melakukan hal seperti ini, maka sebaiknya mulai dari sekarang berusahalah untuk menghindari dan menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Karena perlu diketahui bahwa telapak tangan itu sangat rawan terhadap bakteri dan kotoran. Bila telapak tangan tersebut menyentuh permukaan kulit wajah Anda, maka risiko munculnya jerawat akan semakin tinggi.

Cara mencegah munculnya jerawat itu sebenarnya bisa dilakukan dari memperhatikan hal-hal sederhana yang terkadang luput dari perhatian kita bahkan terkadang dianggap sepele. Maka mulai dari sekarang, cobalah merubah semua kebiasaan buruk tersebut agar kita mendapatkan kulit bersih dan sehat tanpa jerawat. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat mencoba.



Referensi dari berbagai sumber.

Atasi Kaki Belang dengan Bahan Alami

Belang pada kaki maupun Warna kaki yang gelap adalah salah satu masalah umum yang banyak orang pernah alami. Beberapa penyebab wa...

Diberdayakan oleh Blogger.