Header Ads

Manfaat Masker Sayuran Untuk Rambut

Manfaat Masker Sayuran Untuk Rambut - Sayur-sayuran memang sangat baik manfaatnya untuk tubuh, salah satunya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Tidak hanya menyehatkan, sayuran juga mengandung cukup vitamin dan juga mineral yang baik untuk menutrisi kulit juga rambut. Untuk membuat rambut tampil lebih cantik, sehat, dan kuat, Anda dapat mengonsumsi sayuran baik itu berupa makanan maupun dalam produk perawatan. Jika menutrisi rambut dari dalam, maka cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak makan sayur-sayuran. Sedangkan untuk menutrisi rambut dari luar, Anda juga bisa mengolah sayuran menjadi masker untuk rambut agar terlihat lebih sehat tentunya.

Berikut adalah beberapa jenis masker sayuran yang bisa Anda coba untuk menjadikan rambut lebih sehat dan cantik.





1. Seledri


Seledri merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki banyak nutrisi. Kandungan nutrisi didalamnya terdiri dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, seledri juga mengandung beberapa jenis mineral penting seperti potasium, kalsium, selenium, dan magnesium.

Untuk membuat masker dari seledri, pertama yang Andaharus lakukan adalah menghaluskan seikat kecil daun seledri segar dan di tambah sedikit air dingin. Gunakan campuran tersebut sebagai masker juga cream bath. Diamkan kurang lebih sekitar 20-30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Untuk hasil yang lebih maksimal, selain dijadikan sebagai masker rambut, cobalah tambah perawatan ini dengan rutin meminum jus seledri.

2. Kentang


Kentang cukup mengandung karbohidrat yang tinggi. Disamping itu, kentang juga mengandung banyak vitamin C yang merupakan antioksidan penting yang berguna untuk meremajakan sel tubuh, kulit, dan rambut. Untuk Anda yang mempunyai masalah dengan kerusakan rambut, maka kentang bisa dijadikan sebagai salah satu solusinya. Kentang juga bermanfaat untuk menyehatkan sekaligus menguatkan batang rambut, mengembalikan warna asli rambut yang mengalami perubahan warna menjadi abu-abu kembali hitam berkilau.

Cara membuat masker kentang terbilang mudah. Pertama, ambilah 2-3  kentang segar lalu cuci terlebih dahulu kemudian kupas kulitnya lalu blender. Tambahkan 1 buah kuning telur, 1 sdm madu, dan sedikit air. Kemudian haluskan kembali menggunakan blender sampai merata. Gunakan ramuan tersebut untuk kulit kepala dan rambut, diamkan kurang lebih 30 menit, baru kemudian bilas dengan air bersih.

3. Bawang merah


Selanjutnya yaitu masker rambut yang berbahan dasar bawang merah, cara nya cukup sederhana, Anda hanya perlu memarut beberapa siung bawang merah, lalu peras airnya. Kemudian gunakan perasan air itu untuk cream bath dan masker rambut. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

Bawang merah juga bermanfaat bagi kesehatan rambut karena mengandung cukup  sulfur. Sulfur sangat bermanfaat untuk kembali merangsang pertumbuhan rambut. Bila dioleskan pada kulit kepala, cairan dari bawang merah ini akan melancarkan peredaran darah di kulit kepala, sehingga hal tersebut akan membuat rambut lebih cepat tumbuh kembali. Tak hanya itu, akar rambut pun menjadi lebih kuat dan juga Anda akan terbebas dari ketombe.

4. Tomat


Tomat mengandung banyak jenis vitamin, diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, dan beta karoten yang membuat tomat memiliki warna yang sangat cerah. Ketiga nutrisi alami yang terdapat pada tomat tersebut dapat menyehatkan rambut. Jika Anda menginginkan rambut yang rusak kembali sehat dan juga ingin memiliki rambut yang berkilau, maka manfaat dari tomat bisa Anda jadikan salah satu solusinya. Bahkan tomat juga dapat mengatasi ketombe dan rasa gatal yang terjadi pada rambut.

Cara menggunakan-nya, cukup mengoleskan irisan tomat segar pada kulit kepala Anda. Usapkan bagian yang berair dari tomat pada kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan kurang lebih selama 5 menit. Kemudian bilas rambut dan kulit kepala dengan air bersih.

5. Wortel


Pilih wortel yang masih segar, kemudian parut beberapa batang wortel, lalu gunakan parutan tersebut untuk memijat-mijat kulit kepala dan rambut. Vitamin C dan E yang terdapat didalamnya dapat membuat peredaran darah di kulit kepala menjadi lebih lancar, sehingga hal ini dapat menjadikan rambut tumbuh lebih cepat dan juga dapat mencegah timbulnya uban. Selain digunakan secara langsung pada rambut, wortel juga dapat dikonsumsi dengan cara diminum, buatlah jus wortel kemudian konsumsi secara rutin dan teratur, tujuannya untuk dapat menutrisi rambut dari dalam tubuh.

Itulah jenis-jenis masker sayuran yang bisa Anda buat sendiri untuk dapat membuat rambut Anda tampak lebih sehat, kuat, dan berkilau. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Atasi Kaki Belang dengan Bahan Alami

Belang pada kaki maupun Warna kaki yang gelap adalah salah satu masalah umum yang banyak orang pernah alami. Beberapa penyebab wa...

Diberdayakan oleh Blogger.