Header Ads

Penyebab Alis Rontok dan Cara Alami untuk Mengatasinya

Penyebab dan cara alami mengatasi alis yang rontok - Memiliki alis yang hitam dan tebal memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi masing-masing orang. Karena dengan alis yang hitam dan tebal, biasanya orang yang memandangnya akan merasa memiliki daya tarik yang berbeda dari orang pada umumnya.

Berbicara mengenai alis, mungkin banyak orang yang menginginkan alis tebal dan hitam, namun tak jarang kenyataannya malah kebalikannya. Ya, orang yang ingin memiliki alis tebal terkadang memiliki kendala yang tidak diinginkan, yaitu alis yang mudah rontok dan tidak beraturan. Mengapa alis bisa rontok bahkan berlebihan? Biasanya hal ini disebabkan karena perawatan yang salah dan juga karena perlakuan kita terhadap alis kita, misal terlalu sering mencabut alis dan sebagainya.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan juga mengatasi alis yang rontok berlebihan. Namun sebelum mengatasinya, anda juga harus tahu apa saja penyebab kerontokan alis. Hal ini ditujukan agar saat mengatasinya tidak melakukan hal yang dapat menyebabkan alis rontok.


Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Alis yang Rontok
Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Alis yang Rontok

Penyebab alis rontok


1. Kurang protein

Jika anda menjumpai alis anda sering rontok, mungkin disebabkan karena kekurangan protein dalam tubuh anda. Maka, untuk meningkatkan pertumbuhan alis, anda perlu menambah asupan protein tubuh anda dari makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Vitamin A, C, B3 dan E merupakan protein yang dapat merangsang folikel rambut alis agar lebih cepat tumbuh.

2. Radang kelopak mata

Peradangan yang terjadi pada kelopak mata biasanya ditandai dengan terjadinya pembengkakan di sekitarnya. Selain itu, radang kelopak mata juga ditandai dengan mata merah, gatal, terasa seperti terbakar, dan mata jadi terlalu peka terhadap cahaya. Dan radang pada tepi kelopak mata ini bisa disebabkan karena adanya infeksi, alergi, dan iritasi. Jika dibiarkan bisa menyebabkan alis rontok.

3. Kosmetik

Kosmetik memang sebenarnya tidak baik digunakan apabila berlebihan. Hal ini karena dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan kulit. Bukan hanya kesehatan kulit, memakai kosmetik yang berlebihan akan memberi dampak buruk, yaitu dapat menyebabkan kerontokkan pada bulu rambut pada alis. Oleh sebab itu, pakailah kosmetik secukupnya saja.

4. Obat dan racun

Berbagai jenis obat-obatan juga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan, diantaranya dapat menyebabkan kerontokan pada alis dan bulu mata. Bukan hanya obat saja, begitu juga dengan racun. Jika kita mengkonsumsi zat kimia yang bersifat racun seperti arsenik, dapat menyebabkan bulu mata dan alis mata anda rontok.

5. Penyakit autoimun

Mungkin anda masih terlalu asing dengan penyakit autoimun. Penyakit ini sebenarnya juga bisa menyebabkan kerontokan pada bulu mata dan alis. Penyakit autoimun ini seperti lupus dan alopesia areata. Untuk penyakit Lupus bisa menyebabkan penyumbatan di akar rambut pada alis mata. Sedangkan alopecia areata disebabkan oleh perubahan pada hormon yang juga bisa menyebabkan penyumbatan pada pertumbuhan bulu mata.

6. Tumor

Tumor adalah salah satu penyakit yang bisa dibilang mematikan. Penyakit ini dikenal dapat menyebabkan kerontokan rambut, selain rambut juga bisa menyebabkan kerontokan pada alis dan bulu mata. Jika tumor dibiarkan begitu saja, maka lama-kelamaan bisa menghabiskan blu mata dan alis mata anda.

7. Keturunan

Jika anda merasa tidak memiliki penyakit apapun ataupun tidak mengkonsumsi obat apapun yang menyebabkan kerontokan pada alis, mungkin saja kerontokan alis anda disebabkan karena keturunan. Tidak bisa dipungkiri bahwa keturunan bisa menyebabkan penyakit yang sama. Jika memiliki riwayat madarosis, kemungkinan besar keturunanya juga mengalami penyakit tersebut. Madarosis adalah penyakit rontoknya alis dan  bulu mata berlebihan.

Cara mengatasi alis rontok


1. Lidah buaya

Lidah buaya bukan hanya baik untuk rambut, tapi juga baik untuk alis dan bulu mata anda. Untuk memanfaatkan lidah buaya sangatlah mudah, anda cukup menyiapkan lidah buayanya, lalu cuci bersih dan kemudian potong untuk diambil gelnya, oleskan gel lidah buaya pada alis anda secara merata. Jika sudah, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

2. Kemiri

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa kemiri juga baik untuk alis mata anda. Untuk memanfaatkan kemiri, anda cukup dengan mengambil beberapa buah kemiri, lalu digarang atau dibakar hingga menghitam. Kemudian haluskan buah kemiri yang telah dibakar. Oleskan pada alis mata anda secara merata, Lakukanlah cara ini sebelum tidur, dan diamkan semalaman. Setelah bangun di pagi hari, bersihkan dengan air.

3. Minyak kelapa

Anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi alis rontok. Telah banyak orang yang menggunakan minyak kelapa untuk menyuburkan rambut dan juga alis serta bulu mata. Anda tidak perlu repot-repot, cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada alis atau bulu mata anda secara merata.

4. Minyak jarak

Dari jenis minyak, selain minyak kelapa juga bisa memakai minyak jarak untuk menyuburkan alis mata anda. Minyak ini memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan kita, salah satunya untuk alis dan bulu mata. Anda cukup memijay alis anda dengan minyak jarak secara lembut dan perlahan. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Naun diperlukan waktu yang tidak sebentar agar hasilnya memuaskan.

5. Susu segar

Susu segar tidak hanya baik untuk diminum saja, tapi juga baik untuk perawatan kesehatan bulu mata dan alis anda. Nutrisi baik seperti protein dan vitamin dalam susu segar dapat memberikan efek positif pada bulu rambut alis. Anda cukup mencelupkan kapas pada susu segar, lalu oleskan pada alis mata anda setiap malam secara rutin. Nutrisi dalam susu akan menutrisi alis hingga akarnya.

6. Bawang merah

Bawang merah juga bisa anda pilih untuk mengatasi kerontokan alis dan bulu mata. Hal ini karena bawang merah memiliki kandungan sulfur yang dapat merangsang pertumbuhan akar rambut atau alis. Anda cukup menyiapkan 1 siung bawang merah kecil lalu potong-potong. Kemudian oleskan pada bagian alis. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

7. Bawang bombay

Bawang bombay bukan hanya untuk campuran masakan saja, tapi juga baik untuk perawatan dan pencegahan kerontokan alis mata. Bawang bombay akan membantu mempercepat pertumbuhan alis dan bulu mata anda. Anda cukup menghaluskan bawang bombay, kemudian oleskan cairan dari bawang bombay yang dihaluskan itu pada masing-masing alis mata menggunakan kapas. Lakukan secara rutin setiap malam hari.

Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Alis yang Rontok. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.



Atasi Kaki Belang dengan Bahan Alami

Belang pada kaki maupun Warna kaki yang gelap adalah salah satu masalah umum yang banyak orang pernah alami. Beberapa penyebab wa...

Diberdayakan oleh Blogger.